Pages

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Ghost

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Ghost
Black Ghost

Morfologi

Black ghost merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai peluang bisnis yang potensial. Ikan jenis ini belum banyak dikenal oleh masyarakat tetapi saat ini beberapa pengusaha ikan hias memproduksi benih sebagai komoditas lokal maupun ekspor.

Black ghost memiliki tubuh yang memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam. Ikan ini digolongkan ke dalam ikan pisau (Knife fishes), karena secara keseluruhan bentuk tubuhnya menyerupai pisau melebar dari bagian kepala dan badan kemudian melancip dibagian perut.

Ikan ini memiliki sirip dada dan sirip perut menyatu, Sirip yang menyatu ini memanjang dari dada sampai ke pangkal ekor Ketika sedang berenang di air, sirip black ghost akan berkibar-kibar seperti bendera sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri dari ikan ini. Black ghost memiliki sirip ekor yang mengeras seperti lidi dan terdapat garis-garis berwarna putih dengan jumlah 1 – 3 pada bagian ekor dengan bentuk tubuhnya tampak seperti lembaran daun pisang muda.

Ikan betina dan jantan dewasa memiliki perbedaan bentuk badan terutama dapat dilihat dari panjang dagunya (jarak antara ujung mulut dengan tutup insang). Pada ikan jantan, dagunya relatif lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina. Ikan jantan relatif lebih langsing dibandingkan dengan ikan betina yang mempunyai bentuk perut yang gendut. Garis punggung pada jantan sedikit pendek dari betina, Selain itu, sirip ekor pada betina lebih sempit dari jantan. Pada induk jantan dewasa, terdapat cairan putih (sperma) apabila diurut bagian perutnya. Induk Black Ghost dapat matang telur setelah berumur sekitar satu tahun dengan panjang ± 15 cm. 

Klasifikasi  

Kingdom            : Animalia
Filum                  : Chordata
Sub-filum            : Vertebrata
Class                  : Osteichthyes
Super-Class       : Agnatha
Sub-Class          : Actinopterygii
Ordo                  : Cypriniformes
Super-Ordo       : Teleostei
Sub-Ordo          : Gymnotoidei
Famili                 : Apteronotidae
Genus                : Apteronotus
Species              : Apteronotus albifons

Nama Indonesia : Black Gost

Habitat dan Daerah Penyebarannya 

Black Ghost berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan dan Surinan. Ikan ini suka bersembunyi pada tempat yang gelap pada siang hari dan baru melakukan aktivitas pada malam hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Ghost"

Post a Comment