Pages

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Molly (Poecilia sphenops)

Mungkin banyak yang tidak menyangka, sekalipun kecil dan seolah tidak berdaya, sesungguhnya Black Molly (Poecilia sphenops) keluarga pocilidae merupakan ikan hias yang cukup menarik. Dengan warna hitamnya yang mengkilap dan bentuk tubuh yang mungil yang memancarkan daya tarik tersendiri yang menjadikan ikan ini sangat cocok untuk sebuah hobi memelihara ikan di akuarium. Bahkan sudah banyak orang yang membudidayakan ikan black molly baik itu karena faktor hobi maupun ekonomi. Ikan ini tergolong ikan yang mudah di pelihara karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis habitat kolam.
Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Molly (Poecilia sphenops)
Ikan Black Molly

Morfologi Ikan Black Molly

Bentuk tubuh black molly menyerupai ikan guppy karena masih satu keluarga yaitu Poecilidae. Memiliki panjang tubuh sekitar 5 – 7 cm, Tubuh black molly seluruhnya berwarna hitam mengkilap dari kepala hingga sirip ekor. Sirip ekor berbentuk sabit dan sirip punggung menjuntai ke belakang hingga mencapai pangkal ekor. 

Klasifikasi Ikan Black Molly

Klasifikasi ikan black molly secara lengkap adalah sebagai berikut :

Phyllum           : Chordata
Class                 : Ostheichthyes
Ordo                 : Cyprinodontoidei
Family              : Poecilidae
Genus               : Poecilia
Species             : Poecilia sphenops

Habitat dan Penyebaran Ikan Black Molly

Black Molly merupakan ikan hias yang berasal dari luar Indonesia. Ikan ini berasal dari aliran Sungai Amazon, Brasil dan sungai-sungai Amerika Selatan. Ikan ini hidup disela-sela akar tanaman air. dan menetaskan telurnya di sela-sela akar tersebut pula. 

Sumber : 

Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan 
Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Klasifikasi dan Morfologi Ikan Black Molly (Poecilia sphenops)"

Post a Comment