Pages

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Botia (Botia macracantha)

Ikan botia adalah salah satu ikan asli Indonesia yang kesohor keindahannya dikalangan penggemar ikan hias. Ikan ini juga mempunyai kebiasaan merayap didasar air, sehingga dalam pemeliharaan sebaiknya akuarium diletakkan di tempat yang jauh dari keramaian. 
Klasifikasi dan Morfologi Ikan Botia (Botia macracantha)
Ikan botia ( Botia macracantha)

Morfologi Ikan Botia 

Ikan botia memiliki bentuk tubuh yang indah, punggung agak bungkuk sehingga sepintas tampak seperti pesawat tempur. Warna tubuh ikan botia tidak rumit, memiliki warna dasar sawo matang dan kadang-kadang kekuningan yang dibalut warna hitam di tiga tempat. Satu memotong dikepala persis melintas dimata. 

Sirip ekor tebal terbagi dua dengan ujung lancip. Warnanya orange dengan ujung kemerahan, sementtara sirip anus hitam dengan tulang sirip kuning dan sirip dada merah darah. Diujung kepala terdapat mulut yang ditempeli kumis, sedangkan di bawah matanya terdapat semacam duri tajam yang gunakan sebagai senjata, sehingga tak heran kalau botia dijuluki simata duri (thorn eyes). 

Klasifikasi Ikan Botia

Klasifikasi ikan bawal adalah sebagi berikut :

Filum                        : Chordata
Kelas                        : Pisces
Ordo                        : Ostariophysoidet
Sub ordo                  : Cyprinidea
Famili                       : Cobitudae
Genus                       : Botia
Species                     : Botia macracantha
Nama Indonesia      : Ikan botia

Habitat dan Kebiasaan Hidup Ikan Botia

Ikan Botia merupakan ikan hias asli Indonesia dan tercatat  setidaknya ada dari 10 spesies, namun begitu Botia macracantha asal Indonesia inilah yang paling kesohor dikalangan penggemar ikan hias. Di alam Botia banyak ditemukan dan berkumpul di perairan yang tenang (tidak berarus deras) dan kebiasaan yang lain yankni menyukai atau merayap di dasar air yang berlumpur dengan suhu 26-300C. Botia juga terkenal amat pemalu dan mudah terperanjat dan ketakutan.


Sumber :

Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Klasifikasi dan Morfologi Ikan Botia (Botia macracantha)"

  1. terimakasih kak informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2MSWYL5

    ReplyDelete